RPP SMK: Memperbaiki Alat Reproduksi Sinyal
Audio
Video Comact
Casste
Satuan Pendidikan : SMK Negeri Surabaya
Mata Pelajaran : Teknik Audio
Video
Program Keahlian :
Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Audio Video
Kelas : X
Semester : 1
Jumlah Pertemuan : 1 (satu) Pertemuan
I. Standar Kompetensi
10. Memperbaiki alat
reproduksi sinyal audio video compact
cassete
II. Kompetensi Dasar
10.1 Memilih jenis
kaset sesuai kegunaan
III.
Indikator
a.
Kognitif
1.
Produk:
a) Mendeskripsikan
kegunaan kaset
b) Menjelaskan jenis – jenis kaset
2.
Keterampilan
Proses
Merancang dan melaksanakan pengamatan untuk menguji sebuah hiopotesis meliputi:
a) Merumuskan masalah,
b) merumuskan hipotesis,
c) Merumuskan kesimpulan
b.
Psikomotor
1. Mengamati
video jenis –jenis kaset dan kegunaannya
2. Mempresentasikan
jenis – jenis kaset dan kegunaan
c.
Afektif
1.
Mengembangkan perilaku berkarakter,
meliputi:
a)
Jujur,
b)
peduli,
c)
Tanggung
jawab,
d) Melakukan yang terbaik
2. Mengembangkan
keterampilan sosial, meliputi:
a) Bertanya,
b) Menyumbang
ide atau berpendapat,
c) Menjadi
pendengar yang baik,
d) Berkomunikasi.
IV.
Tujuan Pembelajaran
a.
Kognitif
1. Produk
a) Secara
mandiri siswa dapat mendeskripsikan jenis – jenis kaset sesuai dengan kegunaannya yang tercantum pada Kunci LP 1
Produk (h.18).
b) Secara
mandiri siswa dapat menjelaskan jenis
– jenis kaset sesuai dengan
kegunaannya yang tercantum pada Kunci LP 1 produk (h.18).
2. Proses
a.)
Diberikan video dan LKS SMK ini siswa
dapat mengamati video untuk menguji sesuai
rincian tugas kinerja yang ditentukan, meliputi: Merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merumuskan kesimpulan sesuai Kunci LKS SMK
LP 2 Proses.
b.
Psikomotor
1. Diberikan
video jenis –jenis kaset dan kegunaannya siswa dapat mengamati video sesuai
dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP 3A Psikomotor (h.21).
2. Diberikan
video yang kemudian mempresentasikan jenis – jenis kaset dan
kegunaan sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP 3A
Psikomotor (h.21).
c.
Afektif
1.
Karakter
Terlibat dalam
proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai
pengamat Membuat kemajuan dalam
menunjukkan perilaku berkarakter meliputi:
kejujuran, peduli, tanggung jawab, melakukan yang terbaik diamati
dengan LP 4 Format Pengamatan Perilaku
Berkarakter (h.29).
2.
Keterampilan
Sosial
Terlibat dalam proses belajar
mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat Membuat
kemajuan dalam menunjukkan
keterampilan sosial bertanya, menyumbang
ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, diamati dengan LP 5
Format Pengamatan Keterampilan Sosial (h.30).
V.
Materi Ajar : Memilih
Jenis Kaset Sesuai Kegunaan
VI.
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
VII.
Model dan
Metode Pembelajaran :
1. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah
2. Model Pembelajaran : Diskusi dan pemberian tugas
VIII.
Proses Belajar Mengajar :
Kegiatan
|
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
A.
Pendahuluan
(± 10 menit)
|
||||
1.
Memotivasi siswa dengan memperlihtakan
video jenis – jenis kaset dan kegunaanya. (Fase 1 MPK)
2.
Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
produk, proses, psikomotor, dan keterampilan sosial dan perilaku
berkarakter. (Fase 1 MPK)
|
|
|
|
|
Inti (± 60
menit)
|
||||
Penggalan I
1.
Menyajikan informasi berupa rumusan masalah tentang jenis – jenis kaset dan
kegunaanya denganb mengacu pada LKS SMK: Memahami jenis
kaset. (Fase 2 MPK)
2.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok – kelompok kooperatif dan
membagikan LKS SMK itu satu LKS tiap kelompok. Satu kelompok terdiri dari dari 2 – 3 siswa. (Fase 3
MPK).
3.
Membimbing siswa merumuskan
hipotesis atas rumusan masalah yang telah diberikan di LKS tersebut
dengan cara memnita siswa jujur mengatakan
bila belum dapat merumuskan hipotesis dan meminta siswa pandai peduli
membantu teman yang membutuhkan bantuan. (Fase 4 MPK).
Penggalan 2
4.
Meminta setiap anggota kelompok menyumbang
ide
atau berpendapat, dalam merumuskan
definisi operasional tersebut. Setiap siswa didorong unutk peduli dan ikut bertanggung jawab atas terselesaikannya tugas itu. (Fase 4 MPK).
5.
Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu – dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapai kelompok lain.
Siswa yang aktif menyumbang idea atau berpendapat diberi pujian
sebagai umpan balik agar berperilaku keterampilan sosial ini diikuti siswa
lain. (Fase 5 MPK).
Penggalan 3
6.
Membimbing kelompok mengamati video jenis – jenis kaset dan kegunaannya.
Bila ada siswa yang menunjukkan karakter tidak peduli atau menunjukkan karakter tidak bertanggung jawab segera diingatkan. (Fase 4 MPK)
7.
Satu – dua kelompok diminta menjelaskan jenis – jenis kaset dan
kegunaannya, untuk memberi kemudahan guru melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan siswa lain untuk belajar menjadi pendengar yang baik. (Fase 5 MPK).
Penggalan 4
8.
Membimbing siswa mendeskripsiakan jenis – jenis kaset. Siswa didorong
untuk melakukan yang terbaik. (Fase
4 MPK).
9.
Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok
mempresentasikan jenis – jenis kaset dan kegunaannya dan meminta kelas
menjadi pendengar yang baik dengan cara menunjuk satu – dua siswa
menanggapi presentasi itu dan dinilai. (Fase 5 MPK).
Penggalan 5
10. Membimbing kelompok melakukan
analisis dengan mengacu pada Kunci LKS SMK itu. Ditekankan
perlunya peduli dalam tugas
analisis ini. (Fase 4 MPK)
11. Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu – dua kelompok mempresentasikan
kinerjanya dan kelompok lain menjadi pendengar yang baik agara dapat menanggapi saat diminta guru.
(Fase 4 MPK).
12. Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu – dua kelompok
mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapi kelompok lain. (Fase 5 MPK).
13. Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok
yang berkinerja baik dan amat baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut.
(Fase 6 MPK).
|
|
|
|
|
B.
Penutup (± 15 menit)
|
|
|
|
|
1.
Menutup pelajaran dan memberi PR mengerjakan LKS SMK LP 2 Proses, yaitu mencari tahu
jenis – jenis kaaset dan kegunaannya dengan menggunakan video jenis – jenis
kaset tersebut.
|
|
|
|
|
IX.
Penilaian Hasil Belajar
1. LP
1: Produk dilengkapi Kunci LP 1
2. LP
2: Proses
3. LP
3A: Psikomotor
4. LP
3B: Psikomotor
5. LP
4: Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
6. LP
5: Format Pengamatan Keterampilan Sosial
7. Tabel
Spesifikasi Lembar Penilaian
X.
Sumber Pembelajaran
1. LKS
SMK: Memahami Jenis Kaset
2. Kunci
LKS SMK: Memahami Jenis Kaset
3. LKS
SMK LP 2 Proses : Memahami Jenis Kaset
4. Kunci
LKS SMK LP 2Poses : Memahami Jenis Kaset
5. Silabus
6. Komputer
7.
Flash disc
8.
Kertas HVS
Daftar
Pustaka
SILABUS DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
KURIKULUM SMK NEGERI 5 SURABAYA
Loe_kita’OS. 2011. http://www.ehow.com/list_6743490_video-cassette-types.html#ixzz1CIa0qZNs pada pukul 02:55
Nama:_____________________________ Kelompok : _______________________
LKS
SMK: MEMAHAMI JENIS
KASET
Rangkuman
Materi
Jenis - Jenis Kaset dan Kegunaanya
A.
Kaset video ( Video Cassette )
Video kaset datang dalam banyak format.
Bahkan dengan kenaikan itu media digital, banyak jenis kaset video
masih melihat biasa digunakan di seluruh dunia. desain kaset biasanya berbeda
sesuai dengan berbagai jenis mesin rekaman. Namun,
mereka juga dapat dirancang untuk kualitas yang lebih besar atau untuk aplikasi
yang berbeda. Jika Anda melakukan suatu proyek yang
memerlukan penggunaan kaset video, itu ide yang baik untuk menjadi sadar akan
apa yang tersedia
B. Kaset Audio (Audio Cassette )
Berfungsi
untuk Menyimpan lagu/musik dengan format Binary Digit menggunakan sistem Frequency
Shift Keying. Alat Pemutar dan Perekam lagu/data informasi berupa Tape
Recorder.
Tujuan
Mendeskripsikan dan menjelsakan jenis – jenis
kaset dan kegunaanya
ICT/
Internet Based
Video jenis – jenis kaset dan kegunnanya
Rumusan Masalah : Apakah
perbedaan antara kaset video dan kaset audio ?
Hipotesis : ______________________________________________
Langkah
- langkah :
1.
Siapkan semua alat dan bahan sesuai yang
tercantum pada daftar alat dan bahan.
2.
Mengamati video yang ditampilkan
3.
Jawab pertanyaan yang ada di analisis
Analisis : 1. Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset video,
_____________________________________________________________
2. Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset audio,
______________________________________________________________
Kesimpulan
: 1. Apakah hipotesismu dapat diterima?
_________________________________________________________
1.
Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
_____________________________________________________________
Penerapan
: agar panjang rekaman panajang sampai 240-menit, kaset apakah yang dipakai __________________________________________________________
Daftar
Pustaka
SILABUS DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
KURIKULUM SMK NEGERI 5 SURABAYA
Loe_kita’OS. 2011. http://www.ehow.com/list_6743490_video-cassette-types.html#ixzz1CIa0qZNs pada pukul 02:55
Nama:_____________________________ Kelompok : _______________________
Kunci LKS
SMK: MEMAHAMI JENIS
KASET
Rangkuman
Materi
Jenis - Jenis Kaset dan Kegunaanya
C.
Kaset video ( Video Cassette )
Video kaset datang dalam banyak format.
Bahkan dengan kenaikan itu media digital, banyak jenis kaset video
masih melihat biasa digunakan di seluruh dunia. desain kaset biasanya berbeda
sesuai dengan berbagai jenis mesin rekaman. Namun,
mereka juga dapat dirancang untuk kualitas yang lebih besar atau untuk aplikasi
yang berbeda. Jika Anda melakukan suatu proyek yang
memerlukan penggunaan kaset video, itu ide yang baik untuk menjadi sadar akan
apa yang tersedia
D. Kaset Audio (Audio Cassette )
Berfungsi
untuk Menyimpan lagu/musik dengan format Binary Digit menggunakan sistem Frequency
Shift Keying. Alat Pemutar dan Perekam lagu/data informasi berupa Tape
Recorder.
Tujuan
Mendeskripsikan dan menjelsakan jenis – jenis
kaset dan kegunaanya
ICT/
Internet Based
Video jenis – jenis kaset dan kegunnanya
Rumusan Masalah : Apakah
perbedaan antara kaset video dan kaset audio ?
Hipotesis : kaset video adalah kaset yang berfungsi sebagai menyimpan video beserta
audio, sedangkan kaset audio hanya menyimpan berupa audio saja.
Langkah
- langkah :
1.
Siapkan semua alat dan bahan sesuai yang
tercantum pada daftar alat dan bahan.
2.
Amati video yang ditampilkan
3.
Jawab pertanyaan yang ada di analisis
Analisis :
1. Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset video,
Ada
delapan jenis kaaset video
2. Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset audio,
Ada 7 jenis kaset audio
Kesimpulan
: 1. Apakah hipotesismu dapat diterima? Diterima
2. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
Hipotesis
diterima, yaitu kaset video adalah kaset yang
berfungsi sebagai menyimpan video beserta audio, sedangkan kaset audio hanya
menyimpan berupa audio saja.
Penerapan
: agar panjang rekaman panajang sampai 240-menit, kaset apakah yang dipakai kaset
jenis Standar VHS
Daftar
Pustaka
SILABUS DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
KURIKULUM SMK NEGERI 5 SURABAYA
Loe_kita’OS. 2011. http://www.ehow.com/list_6743490_video-cassette-types.html#ixzz1CIa0qZNs pada pukul 02:55
TABEL SPESIFIKASI LEMBAR PENILAIAN
Indikator
|
LP dan Butir Soal
|
Kunci Lembar Penilaian (LP) dan Butir Tes
|
Produk
1.
Mendeskripsikan jenis – jenis kaset dan kegunaannya
2.
Menjelaskan jenis – jenis kaset dan kegunaannya
|
LP 1: Produk
Butir 1,
butir 2
Butir 3,
4, 5
|
Kunci LP 1: Produk
Butir 1,
butir 2
Butir 3,
4, 5
|
Proses
1.
Mengamati video jenis –jenis kaset dan kegunaannya
|
LKS SMK LP 2 Proses dan LP 2
Proses : RTK 1, 2, 3, 4
|
Kunci LKS SMK LP 2 Proses dan LP 2 Proses dan pelaksanaan penilaian
dipercayakan kepada judgement penilai/ Guru yang telah dilatih.
|
Psikomotor
1. Memahami
dan meanarik kesimpulan dari pengamatan
2.
Mempresentasikan hasil pengamatan
kedepan kelas.
|
LP 3A PSikomotor: RTK 1, 2, dan
3
LP 3B Psikomnotor: RTK 1, 2,3,4 dan 5
|
Kunci LKS SMK LP 2 dan LP 3A
Psikomotor. Pelaksanaan penilaian dipercayakan kepada judgement penilai/ Guru yang telah
dilatih.
Kunci LKS SMK LP 2 dan LP 3B
Psikomotor. Pelaksanaan penilaian dipercayakan kepada judgement penilai/ Guru yang telah
dilatih.
|
Afektif
Perilaku Berkarakter
Jujur, peduli, tanggung
jawab, melakuakan yang terbaik.
|
LP 4 Karakter: RTK 1, 2, 3,
4.
|
Seluruh RTK itu minimal
memperoleh penialain menunjukkan kemajuan dan dipercayakan kepada judgement penilai/ Guru
yang telah dilatih.
|
Keterampilan Sosial
Bertanya, menyumbang ide atau
berpendapat, menjadi pendengar yang baik.
|
LP Keterampilan Sosial : RTK
1, 2, 3
|
Seluruh RTK itu minimal
memperoleh penialain menunjukkan kemajuan dan dipercayakan kepada judgement penilai/ Guru
yang telah dilatih.
|
Nama:_____________________________ Kelompok : _______________________
LP 1: Produk
1.
Apa yang dimaksud dengan kaset video?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.
Apa yang dimaksud dengan kaset audio?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.
Jelaskan apa yang kaset standar VHS itu!
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.
Apa yang dimaskud dengan RCA Victor pita cartridge!
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
5.
Diproduksi dalam bentuk apakah kaset
betacam itu!
_________________________________________________________________________________________________________________________________________
Daftar Pustaka
Nama:_____________________________ Kelompok : ________________________
Kunci LP 1:
Produk
1. Apa
yang dimaksud dengan kaset video?
Video
kaset datang dalam banyak format. Bahkan dengan kenaikan itu media digital,
banyak jenis kaset video masih melihat biasa digunakan di seluruh dunia. desain
kaset biasanya berbeda sesuai dengan berbagai jenis mesin rekaman. Namun, kaset
juga dapat dirancang untuk kualitas yang lebih besar atau untuk aplikasi yang
berbeda
2. Apa
yang dimaksud dengan kaset audio?
Berfungsi
untuk Menyimpan lagu/musik dengan format Binary Digit menggunakan sistem Frequency Shift Keying. Alat Pemutar
dan Perekam lagu/data informasi berupa Tape Recorder
3. Jelaskan
apa yang kaset standar VHS itu!
Kaset
video VHS. Panjang rekaman yaitu 60 -, 120 -, atau panjang 240-menit Panjang
dapat dua kali lipat dengan mengorbankan kualitas gambar. Kaset
biasanya ukuran sekitar 188 mm dengan 104 mm dengan 25 mm.
4. Apa
yang dimaskud dengan RCA Victor pita
cartridge!
Format pita magnetik yang dirancang
untuk menawarkan stereo seperempat inci -to-reel tape reel dalam format yang
lebih nyaman untuk kebutuhan rumahan. Itu diperkenalkan pada tahun 1958,
setelah empat tahun pembangunan, pada saat yang sama dengan stereoponis
piringan hitam
5. Diproduksi
dalam bentuk apakah kaset betacam itu!
BetaCAMs
baru juga diproduksi dalam bentuk digital, HD, dan format MPEG
Daftar
Pustaka
Nama:_____________________________ Kelompok : ________________________
LKS SMK LP 2 Proses: Memahami Jenis
Kaset
Rangkuman
Materi
Jenis - Jenis Kaset dan Kegunaanya
C. Kaset
video ( Video Cassette )
Video kaset datang dalam banyak format.
Bahkan dengan kenaikan itu media digital, banyak jenis kaset video
masih melihat biasa digunakan di seluruh dunia. desain kaset biasanya berbeda
sesuai dengan berbagai jenis mesin rekaman. Namun,
mereka juga dapat dirancang untuk kualitas yang lebih besar atau untuk aplikasi
yang berbeda. Jika Anda melakukan suatu proyek yang
memerlukan penggunaan kaset video, itu ide yang baik untuk menjadi sadar akan
apa yang tersedia
D.
Kaset
Audio (Audio Cassette )
Berfungsi
untuk Menyimpan lagu/musik dengan format Binary Digit menggunakan sistem Frequency
Shift Keying. Alat Pemutar dan Perekam lagu/data informasi berupa Tape
Recorder.
Tujuan
Mendeskripsikan dan menjelsakan jenis – jenis
kaset dan kegunaanya
ICT/
Internet Based
Video jenis – jenis kaset dan kegunnanya
Rumusan Masalah : Apakah
perbedaan antara kaset video dan kaset audio ?
Hipotesis : _________________________________________________
Langkah
- langkah :
1.
Siapkan semua alat dan bahan sesuai yang
tercantum pada daftar alat dan bahan.
2.
Amati video yang ditampilkan
3.
Jawab pertanyaan yang ada di analisis
Analisis : 1. Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset video,
_____________________________________________________________
3. Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset audio,
______________________________________________________________
Kesimpulan
: 1. Apakah hipotesismu dapat diterima?
______________________________________________________________
2.
Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
______________________________________________________________
Penerapan
: agar panjang rekaman panajang sampai 240-menit, kaset apakah yang dipakai ________________________________________
Daftar
Pustaka
SILABUS DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
KURIKULUM SMK NEGERI 5 SURABAYA
Loe_kita’OS. 2011. http://www.ehow.com/list_6743490_video-cassette-types.html#ixzz1CIa0qZNs pada pukul 02:55
Nama:_____________________________ Kelompok : ________________________
Kunci LKS SMK LP 2 Proses: Memahami
Jenis Kaset
Rangkuman
Materi
Jenis - Jenis Kaset dan Kegunaanya
A. Kaset
video ( Video Cassette )
Video kaset datang dalam banyak format.
Bahkan dengan kenaikan itu media digital, banyak jenis kaset video
masih melihat biasa digunakan di seluruh dunia. desain kaset biasanya berbeda
sesuai dengan berbagai jenis mesin rekaman. Namun,
mereka juga dapat dirancang untuk kualitas yang lebih besar atau untuk aplikasi
yang berbeda. Jika Anda melakukan suatu proyek yang
memerlukan penggunaan kaset video, itu ide yang baik untuk menjadi sadar akan
apa yang tersedia
B.
Kaset
Audio (Audio Cassette )
Berfungsi
untuk Menyimpan lagu/musik dengan format Binary Digit menggunakan sistem Frequency
Shift Keying. Alat Pemutar dan Perekam lagu/data informasi berupa Tape
Recorder.
Tujuan
Mendeskripsikan dan menjelsakan jenis – jenis
kaset dan kegunaanya
ICT/
Internet Based
Video jenis – jenis kaset dan kegunnanya
Rumusan Masalah : Apakah
perbedaan antara kaset video dan kaset audio ?
Hipotesis : kaset video adalah kaset yang berfungsi sebagai menyimpan video beserta
audio, sedangkan kaset audio hanya menyimpan berupa audio saja.
Langkah
- langkah :
1. Siapkan
semua alat dan bahan sesuai yang tercantum pada daftar alat dan bahan.
2. Amati
video yang ditampilkan
3. Jawab
pertanyaan yang ada di analisis
Analisis :
1. Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset video?
Ada
delapan jenis kaset video
2. Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset audio?
Ada 7 jenis kaset audio
Kesimpulan
: 1. Apakah hipotesismu dapat diterima? Diterima
2. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
Hipotesis
diterima, yaitu kaset video adalah kaset yang
berfungsi sebagai menyimpan video beserta audio, sedangkan kaset audio hanya
menyimpan berupa audio saja.
Penerapan
: agar panjang rekaman panajang sampai 240-menit, kaset apakah yang dipakai kaset
jenis Standar VHS
Daftar
Pustaka
SILABUS DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
KURIKULUM SMK NEGERI 5 SURABAYA
Loe_kita’OS. 2011. http://www.ehow.com/list_6743490_video-cassette-types.html#ixzz1CIa0qZNs pada pukul 02:55
Nama
(Kelompok): _____________ ( ____ ) Kelas : ____________ Tgl: ____________
LP 2: Proses
Prosedur:
1. Siapkan
sebuah compute dan Video jenis –jenis kaset dan kegunaannya.
2. Siapakan
LKS SMK LP/2 Proses, yaitu sama dengan LKS SMK yang telah dimodifikasi tujuan
dan rumusan masalahnya
3. Tugasi
siswa menguji sebuah hipotesis: kaset video adalah kaset yang berfungsi
sebagai menyimpan video beserta audio, sedangkan kaset audio hanya menyimpan
berupa audio saja. kaset video adalah kaset yang berfungsi sebagai menyimpan
video beserta audio, sedangkan kaset audio hanya menyimpan berupa audio saja.
4. Penentuan
skor kinerja siswa mengacu pada Kunci LKS SMP LP 2 Proses dan Format Asesmen
Kinerja di bawah ini.
5. Berikan
siswa kesempatan untuk mempelajari format asesmen ini sebelum asesmen inni
sebelum asesmen dilakukan.
6. Siswa
diijinkan mengakses kinerja mereka sendiri dngan menggunakan format ini.
Format
Asesmen Kinerja Proses
No
|
Rincian Tugas Kinerja
(RTK)
|
Skor Maksimum
|
Skor Asesmen
|
|
Oleh siswa sendiri
|
Oleh guru
|
|||
1.
|
Mengamati video yang ditampilkan
|
10
|
|
|
2.
|
Menjelaskan jenis – jenis kaset
|
30
|
|
|
3.
|
Mendeskripsikan jenis – jenis kaset
|
30
|
|
|
4.
|
Menarik kesimpulan
|
30
|
|
|
|
Skor Total
|
100
|
|
|
Surabaya, 2011
Siswa,
Guru,
____________________ __________________
Nama
(Kelompok): _____________ ( ____ ) Kelas : ____________ Tgl: _____________
LP 3A: Psikomotor
Prosedur:
1. Siapakan
sebuah komputer dan video jenis – jenis kaset
2. Tugasi
siwa mengamati video
3. Berikan
skor kinerja siswa dengan mengacu ada Format asesmen Kinerja di bawah ini.
4. Berikan
format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan.
5. Siswa
diijinakan mengakses kinerja mereka sendiri dengan mengunnakan format ini
Format Asesmen
Kinerja Psikomotor
No
|
Rincian Tugas Kinerja
(RTK)
|
Skor Maksimum
|
Skor Asesmen
|
|
Oleh siswa sendiri
|
Oleh guru
|
|||
1.
|
Mencatat hasil pengamatan
|
35
|
|
|
2.
|
Mendiskusikan dengan teman
|
30
|
|
|
3.
|
Membuat kesimpulan
|
35
|
|
|
|
Skor Total
|
100
|
|
|
Surabaya.,
2011
Siswa,
Guru,
___________________ ________________
Nama
(Kelompok): _____________ ( ____ ) Kelas : ____________ Tgl: _______________
LP 3B: Psikomotor
Prosedur:
1. Siapkan
sebuah komputer dan video jenis – jenis kaset
2. Tugasi
siwa mengamati video
3. Berikan
skor kinerja siswa dengan mengacu pada Format asesmen Kinerja di bawah ini.
4. Berikan
format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan.
5. Siswa
diijinakan mengakses kinerja mereka sendiri dengan mengunnakan format ini
Format Asesmen
Kinerja Psikomotor
No
|
Rincian Tugas Kinerja
(RTK)
|
Skor Maksimum
|
Skor Asesmen
|
|
Oleh siswa sendiri
|
Oleh guru
|
|||
1.
|
Media pembelajaran yang dipakai
presentasi
|
20
|
|
|
2.
|
Cara mempresentasikan
|
25
|
|
|
3.
|
Penangkapan dari pendengar
|
15
|
|
|
4.
|
Pemahaman tentang materi
|
20
|
|
|
5.
|
Presentasi dan materi pembelajaran ada
hubungan atau tidak
|
20
|
|
|
|
Skor Total
|
100
|
|
|
Surabaya.,
2011
Siswa,
Guru,
__________________ ____________________
Nama (kelompok) : ___________________
( ____ ) Kelas : ____ Tgl :
___________
|
LP 4 : Format Pengamatan
Perilaku Berkarakter
Petunjuk:
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, berilah
penilaian atas
perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
D= Memerlukan perbaikan C=
Menunjukkan kemajuan
B= Memuaskan A=
Sangat baik
FORMAT PENGAMATAN
PERILAKU
BERKARAKTER
No
|
Rincian Tugas Kinerja
(RTK)
|
Penilaian
|
|||
Memerlukan perbaikan
(D)
|
Menunjukkan kemajuan
(C)
|
Memuaskan
(B)
|
Sangat Baik
(A)
|
||
1.
|
Jujur
|
|
|
|
|
2.
|
Peduli
|
|
|
|
|
3.
|
Tanggung jawab
|
|
|
|
|
4.
|
Melakukan yang
terbaik
|
|
|
|
|
Surabaya, 2011
Pengamat,
_______________________
Nama (kelompok) : ___________________
( ____ ) Kelas : ____ Tgl :
___________
|
LP 5 : Format Pengamatan Keterampilan
Sosial
Petunjuk:
Untuk setiap perilaku sosial berikut ini, berilah penilaian atas keterampilan social
menggunakan skala berikut ini:
D= Memerlukan perbaikan C=
Menunjukkan kemajuan
B= Memuaskan A=
Sangat baik
FORMAT PENGAMATAN
KETERAMPILAN
SOSIAL
No
|
Rincian Tugas Kinerja
(RTK)
|
Penilaian
|
|||
Memerlukan perbaikan
(D)
|
Menunjukkan kemajuan
(C)
|
Memuaskan
(B)
|
Sangat Baik
(A)
|
||
1.
|
Bertanya
|
|
|
|
|
2.
|
Menyumbang ide
atau pendapat
|
|
|
|
|
3.
|
Menjadi pendengar
yang baik
|
|
|
|
|
4.
|
Berkomunikasi
|
|
|
|
|
Surabaya, 2011
Pengamat,
________________________
RPP SMK: Memperbaiki Alat Reproduksi Sinyal Audio Video Comact Casste
A.
Standar
Kompetensi :
10. Memperbaiki alat reproduksi sinyal audio
video compact cassete
B.
Kompetensi
Dasar :
10.1 Memilih jenis kaset sesuai kegunaan
C.
Indkator
:
1.
Kognitif
a.
Produk: (1) Mendeskripsikan kegunaan
kaset, (2) Menjelaskan jenis
– jenis kaset
b. Proses:
Merancang dan melaksanakan eksperimen
untuk menguji sebuah hiopotesis meliputi: (1) Merumuskan masalah, (2) merumuskan hipotesis, (3) merumuskan kesimpulan
3.
Psikomotor
a.
Mengamati video jenis –jenis kaset dan
kegunaannya
b.
Mempresentasikan hasil pengamatan
4.
Afektif
a. Mengembangkan
perilaku berkarakter, meliputi: (1) Jujur, (2) peduli,(3) tanggung jawab, (4) melakukan yang terbaik
b. Mengembangkan
keterampilan sosial, meliputi: (1) bertanya, (2) Menyumbang ide atau
berpendapat, (3) menjadi pendengar yang baik, (4) berkomunikasi.
D.
Proses
Belajar Mengajar
1. Pendahuluan
_______Video
jenis – jenis kaset
2. Inti
_______ LKS SMK: Memahami
Jenis Kaset
_______ Kunci LKS SMK:
Memahami Jenis Kaset
_______ Video jenis –
jenis kaset
3. Penutup
_______ LKS SMK LP 2
Proses: Memahami Jenis Kaset
_______ Kunci LKS SMK
LP 2 Proses: Memahami Jenis Kaset
_______Video jenis –
jenis kaset
4. Penuilaian Hasil Belajar
_______ LP 1: Produk
dilengakapi Kunci LP 1
_______ LP 2: Proses
_______ LP 3A:
Psikomotor
_______ LP 3B:
Psikomotor
_______ LP 4: Format
Pengamatan Perilaku Berkarakter
_______ LP 5: Format
Pengamatan Keterampilan Sosial
5. Alat dan Bahan
_______ Komputer, LCD,
bahan abis sesuai kebutuhan
Salam Kenal, nama saya ALFITH,S.Pd,M.Pd guru produkti TAV SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan,
BalasHapusBisakah saya meminta soft copy rpp mata diklat ini, tolong kirim ke email saya : alfith.st.tumangguang@gmail.com
Terimakasih sebelumnya. Jaya terus SMK, Khususnya TAV.
SMK BISA