Powered By Blogger

Sabtu, 25 Februari 2012

CONTOH RPP SMK


RPP SMK: Memperbaiki Alat Reproduksi Sinyal Audio 
 Video Comact Casste

Satuan Pendidikan     : SMK Negeri  Surabaya
Mata Pelajaran           : Teknik Audio Video
Program Keahlian      : Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Audio Video
Kelas                             : X
Semester                       : 1
Jumlah Pertemuan     : 1 (satu) Pertemuan


 
I.     Standar Kompetensi       
10. Memperbaiki alat reproduksi sinyal audio video compact cassete
II.  Kompetensi Dasar          
10.1 Memilih jenis kaset sesuai kegunaan
III.   Indikator
a.      Kognitif
1.    Produk:
a)      Mendeskripsikan kegunaan kaset
b)      Menjelaskan jenis – jenis kaset
2.   Keterampilan Proses
Merancang  dan melaksanakan pengamatan  untuk menguji sebuah hiopotesis meliputi:
a)      Merumuskan masalah,
b)      merumuskan hipotesis,
c)      Merumuskan kesimpulan
b.      Psikomotor                               
1.    Mengamati video jenis –jenis kaset dan kegunaannya
2.    Mempresentasikan jenis – jenis kaset dan kegunaan

c.       Afektif                        
1.   Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a)   Jujur,
b)   peduli,
c)   Tanggung jawab,
d)  Melakukan yang terbaik
2.    Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a)    Bertanya,
b)   Menyumbang ide atau berpendapat,
c)    Menjadi pendengar yang baik,
d)   Berkomunikasi.

IV.    Tujuan Pembelajaran
a.   Kognitif
1.     Produk           
a)      Secara mandiri siswa dapat mendeskripsikan jenis – jenis kaset sesuai dengan kegunaannya yang tercantum pada  Kunci LP 1 Produk (h.18).
b)      Secara mandiri siswa dapat menjelaskan jenis – jenis kaset sesuai dengan kegunaannya  yang tercantum pada Kunci LP 1 produk (h.18).
2.      Proses 
a.)    Diberikan video dan LKS SMK ini siswa dapat mengamati video untuk menguji  sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan, meliputi: Merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merumuskan kesimpulan sesuai Kunci LKS SMK LP 2 Proses.
b.   Psikomotor      
1.      Diberikan video jenis –jenis kaset dan kegunaannya siswa dapat mengamati video sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP 3A Psikomotor (h.21).
2.      Diberikan video yang  kemudian  mempresentasikan jenis – jenis kaset dan kegunaan sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP 3A Psikomotor (h.21).

 
c.    Afektif 
1.    Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat Membuat kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter meliputi:  kejujuran, peduli, tanggung jawab, melakukan yang terbaik diamati dengan  LP 4 Format Pengamatan Perilaku Berkarakter (h.29).
2.    Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat Membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, diamati dengan LP 5 Format Pengamatan Keterampilan Sosial (h.30).

V.                Materi Ajar :  Memilih Jenis Kaset Sesuai Kegunaan
VI.             Alokasi Waktu     :  2 X 45 menit
VII.          Model dan Metode Pembelajaran :
1.      Model Pembelajaran      : Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah
2.      Model Pembelajaran      : Diskusi dan pemberian tugas
VIII.      Proses Belajar Mengajar :

Kegiatan
Penilaian
1
2
3
4
A.     Pendahuluan (± 10 menit)
1.    Memotivasi siswa dengan memperlihtakan  video jenis – jenis kaset dan kegunaanya. (Fase 1 MPK)
2.    Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran  produk, proses, psikomotor, dan keterampilan sosial dan perilaku berkarakter. (Fase 1 MPK)




Inti  (± 60 menit)
Penggalan I
1.      Menyajikan informasi berupa rumusan masalah  tentang jenis – jenis kaset dan kegunaanya denganb mengacu pada LKS SMK: Memahami jenis kaset. (Fase 2 MPK)
2.      Mengorganisasikan siswa dalam kelompok – kelompok kooperatif dan membagikan LKS SMK itu satu LKS tiap kelompok. Satu kelompok terdiri dari dari 2 – 3 siswa. (Fase 3 MPK).
3.      Membimbing siswa merumuskan hipotesis atas rumusan masalah yang telah diberikan di LKS tersebut dengan cara memnita siswa jujur mengatakan bila belum dapat merumuskan hipotesis dan meminta siswa pandai peduli  membantu teman yang membutuhkan bantuan. (Fase 4 MPK).

Penggalan 2
4.      Meminta setiap anggota kelompok menyumbang ide atau berpendapat,  dalam merumuskan definisi operasional tersebut. Setiap siswa didorong unutk peduli dan ikut bertanggung jawab atas terselesaikannya tugas itu. (Fase 4 MPK).
5.      Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu – dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapai kelompok lain. Siswa yang aktif menyumbang idea atau berpendapat  diberi pujian sebagai umpan balik agar berperilaku keterampilan sosial ini diikuti siswa lain. (Fase 5 MPK).

Penggalan 3
6.      Membimbing kelompok mengamati video jenis – jenis kaset dan kegunaannya. Bila ada siswa yang menunjukkan karakter  tidak peduli atau menunjukkan karakter  tidak bertanggung jawab  segera diingatkan. (Fase 4 MPK)
7.      Satu – dua kelompok diminta menjelaskan jenis – jenis kaset dan kegunaannya, untuk memberi kemudahan guru melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan siswa lain untuk belajar menjadi pendengar yang baik.  (Fase 5 MPK).

Penggalan 4
8.      Membimbing siswa mendeskripsiakan jenis – jenis kaset. Siswa didorong untuk melakukan yang terbaik. (Fase 4 MPK).
9.      Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok  mempresentasikan jenis – jenis kaset dan kegunaannya dan meminta kelas menjadi pendengar yang baik  dengan cara menunjuk satu – dua siswa menanggapi presentasi itu dan dinilai. (Fase 5 MPK).

Penggalan 5
10.  Membimbing kelompok melakukan analisis dengan mengacu pada Kunci LKS SMK itu. Ditekankan perlunya peduli dalam tugas analisis ini. (Fase 4 MPK)
11.  Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu – dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan kelompok lain  menjadi pendengar yang baik  agara dapat menanggapi saat diminta guru. (Fase 4 MPK).
12.  Melakukan evaluasi formatif dengan  cara meminta satu – dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapi kelompok lain. (Fase 5 MPK).
13.  Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. (Fase 6 MPK).




B.     Penutup (± 15 menit)




1.      Menutup pelajaran dan memberi PR mengerjakan LKS SMK LP 2 Proses, yaitu mencari tahu jenis – jenis kaaset dan kegunaannya dengan menggunakan video jenis – jenis kaset tersebut.





IX.          Penilaian Hasil Belajar
1.      LP 1: Produk dilengkapi Kunci LP 1
2.      LP 2: Proses
3.      LP 3A: Psikomotor
4.      LP 3B: Psikomotor
5.      LP 4: Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
6.      LP 5: Format Pengamatan Keterampilan Sosial
7.      Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian

X.             Sumber Pembelajaran
1.      LKS SMK: Memahami Jenis Kaset
2.      Kunci LKS SMK: Memahami Jenis Kaset
3.      LKS SMK LP 2 Proses :  Memahami Jenis Kaset
4.      Kunci LKS SMK LP 2Poses : Memahami Jenis Kaset
5.      Silabus
6.      Komputer
7.      Flash disc
8.      Kertas HVS


Daftar Pustaka
SILABUS DASAR KOMPETENSI KEJURUAN KURIKULUM SMK NEGERI 5 SURABAYA



Nama:_____________________________  Kelompok : _______________________


 


LKS SMK: MEMAHAMI JENIS KASET

Rangkuman Materi
Jenis - Jenis Kaset dan Kegunaanya
A.    Kaset video ( Video Cassette )
Video kaset datang dalam banyak format. Bahkan dengan kenaikan itu media digital, banyak jenis kaset video masih melihat biasa digunakan di seluruh dunia. desain kaset biasanya berbeda sesuai dengan berbagai jenis mesin rekaman. Namun, mereka juga dapat dirancang untuk kualitas yang lebih besar atau untuk aplikasi yang berbeda. Jika Anda melakukan suatu proyek yang memerlukan penggunaan kaset video, itu ide yang baik untuk menjadi sadar akan apa yang tersedia
     B.     Kaset Audio (Audio Cassette )
Berfungsi untuk Menyimpan lagu/musik dengan format Binary Digit menggunakan sistem Frequency Shift Keying. Alat Pemutar dan Perekam lagu/data informasi berupa Tape Recorder.
Tujuan
 Mendeskripsikan dan menjelsakan jenis – jenis kaset dan kegunaanya
ICT/ Internet Based
 Video jenis – jenis kaset dan kegunnanya
Rumusan Masalah                : Apakah perbedaan antara kaset video dan kaset audio ?
Hipotesis                                 : ______________________________________________

Langkah - langkah                    :
      1.      Siapkan semua alat dan bahan sesuai yang tercantum pada daftar alat dan bahan.
       2.      Mengamati video yang ditampilkan
       3.      Jawab pertanyaan yang ada di analisis

Analisis         : 1. Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset video,
                         _____________________________________________________________
2.      Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset audio,
______________________________________________________________
Kesimpulan : 1. Apakah hipotesismu dapat diterima?
                        _________________________________________________________
1.      Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
              _____________________________________________________________

Penerapan  : agar panjang rekaman panajang sampai 240-menit, kaset apakah yang dipakai __________________________________________________________





Daftar Pustaka
SILABUS DASAR KOMPETENSI KEJURUAN KURIKULUM SMK NEGERI 5 SURABAYA



Nama:_____________________________  Kelompok : _______________________


 
Kunci LKS SMK: MEMAHAMI JENIS KASET

Rangkuman Materi
Jenis - Jenis Kaset dan Kegunaanya
    C.    Kaset video ( Video Cassette )
Video kaset datang dalam banyak format. Bahkan dengan kenaikan itu media digital, banyak jenis kaset video masih melihat biasa digunakan di seluruh dunia. desain kaset biasanya berbeda sesuai dengan berbagai jenis mesin rekaman. Namun, mereka juga dapat dirancang untuk kualitas yang lebih besar atau untuk aplikasi yang berbeda. Jika Anda melakukan suatu proyek yang memerlukan penggunaan kaset video, itu ide yang baik untuk menjadi sadar akan apa yang tersedia
   
    D.    Kaset Audio (Audio Cassette )
Berfungsi untuk Menyimpan lagu/musik dengan format Binary Digit menggunakan sistem Frequency Shift Keying. Alat Pemutar dan Perekam lagu/data informasi berupa Tape Recorder.
Tujuan
 Mendeskripsikan dan menjelsakan jenis – jenis kaset dan kegunaanya
ICT/ Internet Based
 Video jenis – jenis kaset dan kegunnanya
Rumusan Masalah                : Apakah perbedaan antara kaset video dan kaset audio ?
Hipotesis                                 : kaset video adalah kaset yang berfungsi sebagai menyimpan video beserta audio, sedangkan kaset audio hanya menyimpan berupa audio saja.
Langkah - langkah                 :
      1.      Siapkan semua alat dan bahan sesuai yang tercantum pada daftar alat dan bahan.
      2.      Amati video yang ditampilkan
      3.      Jawab pertanyaan yang ada di analisis

Analisis         :  1. Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset video,
                         Ada delapan jenis kaaset video
                         2. Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset audio,
Ada 7 jenis kaset audio
Kesimpulan : 1. Apakah hipotesismu dapat diterima? Diterima
                      2. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
 Hipotesis diterima, yaitu kaset video adalah kaset yang berfungsi sebagai menyimpan video beserta audio, sedangkan kaset audio hanya menyimpan berupa audio saja.

Penerapan  : agar panjang rekaman panajang sampai 240-menit, kaset apakah yang dipakai kaset jenis Standar VHS




Daftar Pustaka
SILABUS DASAR KOMPETENSI KEJURUAN KURIKULUM SMK NEGERI 5 SURABAYA



TABEL SPESIFIKASI LEMBAR PENILAIAN
Indikator
LP dan Butir Soal
Kunci Lembar Penilaian (LP) dan Butir Tes
Produk
1.      Mendeskripsikan jenis – jenis kaset dan kegunaannya

2.      Menjelaskan jenis – jenis kaset dan kegunaannya


LP 1: Produk
Butir 1, butir 2

Butir 3, 4, 5

Kunci LP 1: Produk
Butir 1, butir 2

Butir 3, 4, 5
Proses
1.      Mengamati video jenis –jenis kaset dan kegunaannya


LKS SMK LP 2 Proses dan LP 2 Proses : RTK 1, 2, 3, 4


Kunci LKS SMK LP 2 Proses dan LP 2 Proses dan pelaksanaan penilaian dipercayakan kepada judgement penilai/ Guru yang telah dilatih.

Psikomotor
1.      Memahami dan meanarik kesimpulan dari pengamatan






2.      Mempresentasikan hasil pengamatan kedepan kelas.

LP 3A PSikomotor: RTK 1, 2, dan 3




LP 3B Psikomnotor: RTK 1, 2,3,4 dan 5


Kunci LKS SMK LP 2 dan LP 3A Psikomotor. Pelaksanaan penilaian dipercayakan kepada judgement penilai/ Guru yang telah dilatih.

Kunci LKS SMK LP 2 dan LP 3B Psikomotor. Pelaksanaan penilaian dipercayakan kepada judgement penilai/ Guru yang telah dilatih.

Afektif
Perilaku Berkarakter
Jujur, peduli, tanggung jawab, melakuakan yang terbaik.



LP 4 Karakter: RTK 1, 2, 3, 4.


Seluruh RTK itu minimal memperoleh penialain  menunjukkan kemajuan dan  dipercayakan kepada judgement penilai/ Guru yang telah dilatih.
Keterampilan Sosial
Bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik.

LP Keterampilan Sosial : RTK 1, 2, 3

Seluruh RTK itu minimal memperoleh penialain  menunjukkan kemajuan dan  dipercayakan kepada judgement penilai/ Guru yang telah dilatih.





 
Nama:_____________________________  Kelompok : _______________________


 


LP 1: Produk

    1.      Apa yang dimaksud dengan kaset video?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
    2.      Apa yang dimaksud dengan kaset audio?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
    3.      Jelaskan apa yang kaset standar VHS itu!
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
    4.      Apa yang dimaskud dengan RCA Victor pita cartridge!
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
    5.      Diproduksi dalam bentuk apakah kaset betacam itu!
_________________________________________________________________________________________________________________________________________






Daftar Pustaka
Nama:_____________________________  Kelompok : ________________________


 
Kunci LP 1: Produk
   1.      Apa yang dimaksud dengan kaset video?
Video kaset datang dalam banyak format. Bahkan dengan kenaikan itu media digital, banyak jenis kaset video masih melihat biasa digunakan di seluruh dunia. desain kaset biasanya berbeda sesuai dengan berbagai jenis mesin rekaman. Namun, kaset juga dapat dirancang untuk kualitas yang lebih besar atau untuk aplikasi yang berbeda

   2.      Apa yang dimaksud dengan kaset audio?
Berfungsi untuk Menyimpan lagu/musik dengan format Binary Digit menggunakan sistem Frequency Shift Keying. Alat Pemutar dan Perekam lagu/data informasi berupa Tape Recorder

   3.      Jelaskan apa yang kaset standar VHS itu!
Kaset video VHS. Panjang rekaman yaitu 60 -, 120 -, atau panjang 240-menit Panjang dapat dua kali lipat dengan mengorbankan kualitas gambar.  Kaset biasanya ukuran sekitar 188 mm dengan 104 mm dengan 25 mm.
 
   4.      Apa yang dimaskud dengan RCA Victor pita cartridge!
Format pita magnetik yang dirancang untuk menawarkan stereo seperempat inci -to-reel tape reel dalam format yang lebih nyaman untuk kebutuhan rumahan. Itu diperkenalkan pada tahun 1958, setelah empat tahun pembangunan, pada saat yang sama dengan stereoponis piringan hitam

   5.      Diproduksi dalam bentuk apakah kaset betacam itu!
BetaCAMs baru juga diproduksi dalam bentuk digital, HD, dan format MPEG
Daftar Pustaka



Nama:_____________________________  Kelompok : ________________________


 


LKS SMK LP 2 Proses: Memahami Jenis Kaset

Rangkuman Materi
Jenis - Jenis Kaset dan Kegunaanya
C.     Kaset video ( Video Cassette )
Video kaset datang dalam banyak format. Bahkan dengan kenaikan itu media digital, banyak jenis kaset video masih melihat biasa digunakan di seluruh dunia. desain kaset biasanya berbeda sesuai dengan berbagai jenis mesin rekaman. Namun, mereka juga dapat dirancang untuk kualitas yang lebih besar atau untuk aplikasi yang berbeda. Jika Anda melakukan suatu proyek yang memerlukan penggunaan kaset video, itu ide yang baik untuk menjadi sadar akan apa yang tersedia
D.     Kaset Audio (Audio Cassette )
Berfungsi untuk Menyimpan lagu/musik dengan format Binary Digit menggunakan sistem Frequency Shift Keying. Alat Pemutar dan Perekam lagu/data informasi berupa Tape Recorder.
Tujuan
 Mendeskripsikan dan menjelsakan jenis – jenis kaset dan kegunaanya
ICT/ Internet Based
 Video jenis – jenis kaset dan kegunnanya
Rumusan Masalah                : Apakah perbedaan antara kaset video dan kaset audio ?
Hipotesis                                 : _________________________________________________

Langkah - langkah                    :
      1.      Siapkan semua alat dan bahan sesuai yang tercantum pada daftar alat dan bahan.
      2.      Amati video yang ditampilkan
      3.      Jawab pertanyaan yang ada di analisis

Analisis         : 1. Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset video,
                         _____________________________________________________________
3.      Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset audio,
______________________________________________________________
Kesimpulan : 1. Apakah hipotesismu dapat diterima?
                        ______________________________________________________________
2.      Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
              ______________________________________________________________

Penerapan  : agar panjang rekaman panajang sampai 240-menit, kaset apakah yang dipakai ________________________________________





Daftar Pustaka
SILABUS DASAR KOMPETENSI KEJURUAN KURIKULUM SMK NEGERI 5 SURABAYA



Nama:_____________________________  Kelompok : ________________________


 


Kunci LKS SMK LP 2 Proses: Memahami Jenis Kaset

Rangkuman Materi
Jenis - Jenis Kaset dan Kegunaanya
A.    Kaset video ( Video Cassette )
Video kaset datang dalam banyak format. Bahkan dengan kenaikan itu media digital, banyak jenis kaset video masih melihat biasa digunakan di seluruh dunia. desain kaset biasanya berbeda sesuai dengan berbagai jenis mesin rekaman. Namun, mereka juga dapat dirancang untuk kualitas yang lebih besar atau untuk aplikasi yang berbeda. Jika Anda melakukan suatu proyek yang memerlukan penggunaan kaset video, itu ide yang baik untuk menjadi sadar akan apa yang tersedia
B.     Kaset Audio (Audio Cassette )
Berfungsi untuk Menyimpan lagu/musik dengan format Binary Digit menggunakan sistem Frequency Shift Keying. Alat Pemutar dan Perekam lagu/data informasi berupa Tape Recorder.
Tujuan
 Mendeskripsikan dan menjelsakan jenis – jenis kaset dan kegunaanya
ICT/ Internet Based
 Video jenis – jenis kaset dan kegunnanya
Rumusan Masalah                : Apakah perbedaan antara kaset video dan kaset audio ?
Hipotesis                                 : kaset video adalah kaset yang berfungsi sebagai menyimpan video beserta audio, sedangkan kaset audio hanya menyimpan berupa audio saja.
Langkah - langkah                 :
1.      Siapkan semua alat dan bahan sesuai yang tercantum pada daftar alat dan bahan.
2.      Amati video yang ditampilkan
3.      Jawab pertanyaan yang ada di analisis

Analisis         :  1. Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset video?
                         Ada delapan jenis kaset video
                         2. Menurut video yang diamati, ada berapa jenis kaset audio?
Ada 7 jenis kaset audio
Kesimpulan : 1. Apakah hipotesismu dapat diterima? Diterima
                      2. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
 Hipotesis diterima, yaitu kaset video adalah kaset yang berfungsi sebagai menyimpan video beserta audio, sedangkan kaset audio hanya menyimpan berupa audio saja.

Penerapan  : agar panjang rekaman panajang sampai 240-menit, kaset apakah yang dipakai kaset jenis Standar VHS




Daftar Pustaka
SILABUS DASAR KOMPETENSI KEJURUAN KURIKULUM SMK NEGERI 5 SURABAYA


Nama (Kelompok): _____________ ( ____ ) Kelas : ____________ Tgl: ____________
LP 2: Proses
Prosedur:
     1.      Siapkan sebuah compute dan Video jenis –jenis kaset dan kegunaannya.
    2.    Siapakan LKS SMK LP/2 Proses, yaitu sama dengan LKS SMK yang telah dimodifikasi tujuan dan rumusan masalahnya
    3.      Tugasi siswa menguji sebuah hipotesis: kaset video adalah kaset yang berfungsi sebagai menyimpan video beserta audio, sedangkan kaset audio hanya menyimpan berupa audio saja. kaset video adalah kaset yang berfungsi sebagai menyimpan video beserta audio, sedangkan kaset audio hanya menyimpan berupa audio saja.
   4.      Penentuan skor kinerja siswa mengacu pada Kunci LKS SMP LP 2 Proses dan Format Asesmen Kinerja di bawah ini.
   5.      Berikan siswa kesempatan untuk mempelajari format asesmen ini sebelum asesmen inni sebelum asesmen dilakukan.
   6.      Siswa diijinkan mengakses kinerja mereka sendiri dngan menggunakan format ini.

Format Asesmen Kinerja Proses
No
Rincian Tugas Kinerja
(RTK)
Skor Maksimum
Skor Asesmen
Oleh siswa sendiri
Oleh guru
1.
Mengamati video yang ditampilkan
10


2.
Menjelaskan jenis – jenis kaset
30


3.
Mendeskripsikan jenis – jenis kaset
30


4. 
Menarik kesimpulan
30



Skor Total
100


                                                                                                        
                                                                                                         Surabaya,                   2011
         Siswa,                                                                                Guru,
          ____________________                                                 __________________


Nama (Kelompok): _____________ ( ____ ) Kelas : ____________ Tgl: _____________

LP 3A: Psikomotor

Prosedur:
    1.      Siapakan sebuah komputer dan video jenis – jenis kaset
    2.      Tugasi siwa mengamati video
    3.      Berikan skor kinerja siswa dengan mengacu ada Format asesmen Kinerja di bawah ini.
    4.      Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan.
    5.      Siswa diijinakan mengakses kinerja mereka sendiri dengan mengunnakan format ini

Format Asesmen Kinerja Psikomotor
No
Rincian Tugas Kinerja
(RTK)
Skor Maksimum
Skor Asesmen
Oleh siswa sendiri
Oleh guru
1.
Mencatat hasil pengamatan
35


2.
Mendiskusikan dengan teman
30


3.
Membuat kesimpulan
35



Skor Total
100



Surabaya.,                         2011
 Siswa,                                                                                          Guru,

___________________                                                               ________________                     

Nama (Kelompok): _____________ ( ____ ) Kelas : ____________ Tgl: _______________

LP 3B: Psikomotor
Prosedur:
1.      Siapkan sebuah komputer dan video jenis – jenis kaset
2.      Tugasi siwa mengamati video
3.      Berikan skor kinerja siswa dengan mengacu pada Format asesmen Kinerja di bawah ini.
4.      Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan.
5.      Siswa diijinakan mengakses kinerja mereka sendiri dengan mengunnakan format ini

Format Asesmen Kinerja Psikomotor
No
Rincian Tugas Kinerja
(RTK)
Skor Maksimum
Skor Asesmen
Oleh siswa sendiri
Oleh guru
1.
Media pembelajaran yang dipakai presentasi
20


2.
Cara mempresentasikan
25


3.
Penangkapan dari pendengar
15


4.
Pemahaman tentang  materi
20


5.
Presentasi dan materi pembelajaran ada hubungan atau tidak
20



Skor Total
100



Surabaya.,                         2011
 Siswa,                                                                                         Guru,

__________________                                                                  ____________________                     
Nama (kelompok) : ___________________  ( ____ ) Kelas : ____  Tgl : ___________

LP 4 : Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
Petunjuk:
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, berilah  penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
D= Memerlukan perbaikan                                C= Menunjukkan kemajuan
B= Memuaskan                                                             A= Sangat baik
FORMAT PENGAMATAN
 PERILAKU BERKARAKTER
No
Rincian Tugas Kinerja
(RTK)
Penilaian
Memerlukan perbaikan
(D)
Menunjukkan kemajuan
(C)
Memuaskan
(B)
Sangat Baik
(A)
1.      
Jujur





2.      
Peduli





3.      
Tanggung jawab





4.      
Melakukan yang terbaik





                                                                                               
                                                                                                Surabaya,                    2011
                                                      Pengamat,
                                                                                                                                                                                                                                                _______________________
Nama (kelompok) : ___________________  ( ____ ) Kelas : ____  Tgl : ___________

LP 5 : Format Pengamatan Keterampilan Sosial
Petunjuk:
Untuk setiap perilaku sosial berikut ini, berilah penilaian atas keterampilan social menggunakan skala berikut ini:
D= Memerlukan perbaikan                             C= Menunjukkan kemajuan
B= Memuaskan                                               A= Sangat baik
FORMAT PENGAMATAN
KETERAMPILAN SOSIAL
No
Rincian Tugas Kinerja
(RTK)
Penilaian
Memerlukan perbaikan
(D)
Menunjukkan kemajuan
(C)
Memuaskan
(B)
Sangat Baik
(A)
1.      
Bertanya




2.      
Menyumbang ide atau pendapat




3.      
Menjadi pendengar yang baik




4.      
Berkomunikasi





              Surabaya,                              2011
                                                       Pengamat,

                                                                                          ________________________
RPP SMK: Memperbaiki Alat Reproduksi Sinyal Audio                       Video Comact Casste

    A.    Standar Kompetensi : 10. Memperbaiki alat reproduksi sinyal audio video compact cassete
    B.     Kompetensi Dasar    : 10.1 Memilih jenis kaset sesuai kegunaan
    C.    Indkator         :
1.      Kognitif
a.       Produk: (1) Mendeskripsikan kegunaan kaset, (2) Menjelaskan jenis – jenis kaset
b.      Proses: Merancang  dan melaksanakan eksperimen untuk menguji sebuah hiopotesis meliputi: (1) Merumuskan masalah, (2) merumuskan hipotesis, (3) merumuskan kesimpulan

3.      Psikomotor
a.       Mengamati video jenis –jenis kaset dan kegunaannya
b.      Mempresentasikan hasil pengamatan

4.      Afektif                
a.       Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: (1) Jujur, (2) peduli,(3) tanggung jawab, (4) melakukan yang terbaik
b.      Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: (1) bertanya, (2) Menyumbang ide atau berpendapat, (3) menjadi pendengar yang baik, (4) berkomunikasi.

    D.    Proses Belajar Mengajar
1.      Pendahuluan
_______Video jenis – jenis kaset
2.      Inti
_______ LKS SMK: Memahami Jenis Kaset
_______ Kunci LKS SMK: Memahami Jenis Kaset
_______ Video jenis – jenis kaset

3.      Penutup
_______ LKS SMK LP 2 Proses: Memahami Jenis Kaset
_______ Kunci LKS SMK LP 2 Proses: Memahami Jenis Kaset
_______Video jenis – jenis kaset
4.      Penuilaian Hasil Belajar
_______ LP 1: Produk dilengakapi Kunci LP 1
_______ LP 2: Proses
_______ LP 3A: Psikomotor
_______ LP 3B: Psikomotor
_______ LP 4: Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
_______ LP 5: Format Pengamatan Keterampilan Sosial
5.      Alat dan Bahan
_______ Komputer, LCD, bahan abis sesuai kebutuhan

1 komentar:

  1. Salam Kenal, nama saya ALFITH,S.Pd,M.Pd guru produkti TAV SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan,
    Bisakah saya meminta soft copy rpp mata diklat ini, tolong kirim ke email saya : alfith.st.tumangguang@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya. Jaya terus SMK, Khususnya TAV.
    SMK BISA

    BalasHapus